Mobile Version
m.jambiekspresnews.com

Setiap Tahun, PDAM Merugi 1 Milyar Lebih
Jumat, 03/05/2017 - 00:00:00 WIB | Kategori: Berita Daerah - Dibaca: 11148 kali

MUARABULIAN - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Batanghari mengaku terus mengalami kerugian setiap tahunnya. Bahkan mencapai 1 Milyar lebih setiap tahunnya.

 

 "Kerugian tetap dialami setiap tahunnya, karna ada fungsi sosial. Ada sekitar 1,7 Miliyar setiap tahunnya, untuk tahun 2015 terdapat Rp 92 juta /bulan. Berarti totalnya untuk tahun lalu sekitar 1,1 Miliyar," Kepala PDAM Tirta Batanghari, Abu Bakar Sidik, Kamis (4/2) kemarin.

Selain itu Abu Bakar Sidik membeberkan, penyebab lain yang menyebabkan PDAM merugi diantaranya, tingginya biaya listrik dan diesel serta tidak lancar pembayaran tagihan air dari konsumen.

Untuk menanggulangi kerugian itu, PDAM rutin meminta subsidi dari Pemkab Batanghari, Pemerintah Provinsi hingga Pemerintah Pusat. Dengan alasan harga produksi lebih tinggi dari harga jual.

Sedangkan untuk luasan jangkauan jaringan PDAM saat ini, ia mengatakan terus mengalami peningkatan. "Tahun 2015 target sambungan 600 terealisasi 1200, ada empat unit layanan PDAM untuk memonitoring kondisi air dan saat ini 52% wilayah Batanghari sudah terpasang jaringan PDAM, 67% Jaringan perpipaan,"ungkapnya.

Sementara itu saat ini kata Abu, pihaknya terus berupaya untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat, terlebih lagi saat ini banyaknya bantuan yang diterima dari dana pusat. "Diharapkan dengan adanya dana tambahan dari pusat sebesar 33 Miliyar untuk empat lokasi, yaitu Muara Bulian, Muara Tembesi, Mersam dan Sungai Rengas. Untuk hal tersebut kita harus melakukan Pembebasan tanah, Yang kita menyediakan lokasi itu di sungai rengas, yang saat ini baru 5ltr/dtk nanti akan dibangun 50ltr/dtk, 33 Miliyar ini hanya untuk pembangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA), untuk dua lokasi yg langsung dibangun tahun 2016 ini, satu di Muarabulian satu di Mersam," paparnya.

Peningkatan tersebut menurut Abu adalah salah satu upaya pihaknya untuk meningkatkan kwalitas layanan kepada masyarakat, yang mana ada yang sebelumnya masih lemah akan ditingkatkan volumenya. "Saat ini diMersam 10ltr/dtk ada 345 pelanggan , Pipa Jaringan yang belum terpasang dibeberapa desa. Yang belum akan di backup oleh 20ltr/dtk. Jadi secara global Batanghari mendapat 78,3Miliyar, termasuk untuk membangun 3 jembatan intek, Pipa transmisi dan Pipa Distribusi," pungkasnya.

(adi)

 







BERITA TERKAIT :



Komentar :