Mobile Version
m.jambiekspresnews.com

Warga Diminta Kelola Sampah dengan Baik
Selasa, 03/05/2017 - 00:00:00 WIB | Kategori: Berita Daerah - Dibaca: 10523 kali

DANAUSIPIN-Pemerintah Kota Jambi yang terus berkomitmen menjadikan Kota Jambi bersih dan aman harus ditunjang dengan keaktifan dan partisipasi warga. Hal ini diungkapkan oleh Maderi, Lurah Solok Sipin Kecamatan Danau Sipin Senin (29/02) kemarin.

Dikatakannya, kepedulian masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan masih cukup minim. Selain membuang sampah sembarangan, masyarakat juga sering tidak teratur membuang sampah.

Padahal sudah ada anjuran Pemerintah Kota Jambi yang menghimbau warganya membuang sampah pada malam hari.  “Sehingga pagi hari sampah sudah diangkut dan kondisi lingkungan jadi bersih,” ungkap Maderi.

Meski tempat sampah sudah disediakan, diakuinya tetap saja warga tidak meletakkan sampah di dalam tempat sampah. Melainkan berserakkan disekitar tempat sampah.

Perilaku masyarakat seperti ini yang sangat meresahkan, karena selain merusak pemandangan lingkungan, juga dapat memicu segala jenis penyakit. Khususnya tempat sampah yang diletakkan tak jauh dari rumah warga.

“Bahkan banyak pula yang buang sampah di parit atau di sepanjang jalan umum,” lanjutnya.

Dirinya menghimbau kepada masyarakat agar saling peduli dan bekerjasama dengan pemerintah dalam mewujudkan lingkungan bersih, sehat dan bebas sampah. Menurutnya, selama ini, persoalan sampah tetap menjadi persoalan nomor satu di Kelurahan Solok Sipin.

Meski sudah sering kali diingatkan atau dibuat aturan larangan membuang sampah, tetap saja warga membandel. Pihaknya juga merencanakan agar Ketua RT dan warga dapat membantu mengawasi warga lainnya yang membuang sampah sembarangan. Baik berupa peringatan maupun pemberian sanksi.

“Semua ini tidak hanya untuk memberikan kenyamanan lingkungan, akan tetapi juga menghindari lingkungan dari berbagai jenis penyakit terlebih lagi, DBD masih mewabah di lingkungan masyarakat,” tandasnya. 

(azz/mg6)

 

 







BERITA TERKAIT :



Komentar :