Mobile Version
m.jambiekspresnews.com

Mahasiswa Prodi TI STMIK NH Kembangkan Perangkat Lunak yang Applicable
Jumat, 18/11/2016 - 06:42:02 WIB | Kategori: Teknologi - Dibaca: 6313 kali

INOVASI: Mahasiswa-mahasiswa Prodi Teknik Informatika (TI) yang mendapat predikat Penelitian terbaik bersama para dosen.

Visi menjadi sebagai pusat pengembangan Teknik Informatika dengan memanfaatkan kemajuan Teknologi Informasi yang berkualitas dan berperan aktif dalam pembangunan bangsa menjadi salah satu semangat bagi mahasiswa Program Studi Teknik Informatika STMIK Nurdin Hamzah untuk terus bersumbangsih kepada masyarakat dengan melakukan penelitian, mengembangkan, dan menciptakan berbagai perangkat lunak yang applicable.

Mahasiswa Prodi Teknik Informatika telah banyak berhasil mengembangkan aplikasi perangkat lunak yang dapat membantu decision maker dalam menganalisis data dan  informasi pada beberapa instansi di Kota Jambi. Juliana Tandy menjadi salah satu mahasiswa yang pada tahun ini berhasil mengembangkan aplikasi untuk pengelompokan siswa baru dengan mengambil objek penelitian di SMK Negeri I Jambi yang merupakan sekolah kejuruan dibidang Bisnis Manajemen dan Teknologi Informasi.  

Juliana Tandy menjelaskan bahwa aplikasi ini dimaksudkan sebagai pengembangan terhadap sistem penerimaan siswa baru yang sudah ada serta mempermudah proses seleksi dan pengelompokan calon siswa baru yang akan diterima di SMK tersebut. Pengelompokan tersebut bertujuan membantu pihak sekolah dalam melakukan pembagian jurusan siswa yang telah dinyatakan lulus.

Menurut Juliana, selama ini nilai yang digunakan untuk melakukan pembobotan adalah nilai akhir pada Surat Keterangan Hasil Ujian Sementara (SKHUS) dari SMP. Saat mendaftar siswa memilih jurusan, nilai setiap mata pelajaran di kalikan sesuai bobot nilai jurusan. Sistem penerimaan siswa baru ini menimbulkan banyak perotes dari orang tua siswa yang tidak lulus, karena sistem ini menimbulkan perubahan urutan peringkat antar nilai murni ujian nasional dan nilai ujian nasional yang telah dibobotkan. Banyak di temukan, nilai siswa yang telah di bobot  lebih tinggi dibanding nilai asli ujian nasional, dan siswa yang nilai ujian nasional tinggi, setelah di bobot nilainya lebih rendah dari siswa yang lain. Maka sistem pembobotan ini dihapuskan dan menjadi seleksi berdasarkan nilai murni ujian nasional. Perubahan ini mengakibatkan tidak adanya sistem untuk menentukan jurusan.

Pada aplikasi pengelompokan siswa baru di SMK Negeri 1 Jambi ini, nilai hasil ujian nasional menjadi komponen yang diolah dalam penentuan jurusan siswa baru. Sistem ini sudah diujicobakan untuk penerimaan siswa baru tahun ajaran 2016/2017 dan hasil pengelompokan sesuai dengan kuota yang ditentukan, dimana kuota kelas rata-rata sebanyak 36 orang. Setelah diujicobakan, sistem ini berhasil meminimalkan ketidakpuasan penjurusan peminatan oleh orang tua dan siswa.

Sistem informasi berbasis web tentang usulan rencana proyek kegiatan juga berhasil dibangun oleh Irham Kurniawan. Penelitian ini mengambil objek di kantor BAPPEDA Kota Jambi. Menurut Irham, aplikasi ini dirancang untuk memudahkan karyawan melakukan proses peyimpanan dan olah data dari dokumen-dokumen proposal kegiatan yang masuk ke BAPPEDA Kota Jambi. Disamping itu, dengan adanya aplikasi berbasis web ini dapat memudahkan masyarakat dari berbagai daerah di Kota Jambi untuk dapat  mengirimkan proposal kegiatan.

Aplikasi menyediakan halaman pengajuan proposal secara online dan sistem secara otomatis akan memberikan informasi rincian kegiatan yang akan menjadi bukti bagi user sekaligus sebagai berkas input bagi BEPPEDA Kota Jambi. Irham mengharapkan dengan pengembangan aplikasi ini dapat meningkatkan kinerja pelayanan BAPPEDA sehingga tercipta efisiensi dalam pengolahan data dan penyampaian informasi.  Dengan adanya sistem usulan rencana proyek kegiatan berbasis online ini masyarakat tidak perlu lagi ke BAPEDDA untuk mengetahui informasi tentang usulan mereka karena informasi sudah tersedia di website. Lebih lanjut aplikasi ini akan dikembangkan dengan menambhkan proses penentuan prioritas usulan proyek kegiatan sesuai dengan kriteria tingkat kepentingan proyeknya.

Tahun ini, mahasiswa Program Studi Teknik Informatika STMIK Nurdin Hamzah juga berhasil mengembangakan aplikasi SMS Gateway untuk memfasilitasi pelayanan distributor kartu seluler kepada outlet-outlet M-Kios produk elektronik voucher Telkomsel. Aplikasi SMS Gateway pada PT. Simpatindo Multi Media Jambi ialah aplikasi yang menggunakan fitur sms broadcast berdasarkan list nomor outlet M-Kios untuk melakukan proses pengisian (injection) pulsa elektronik produk kartu seluler Telkomsel di wilayah Jambi. Dikemukakan oleh Eko jika aplikasi ini juga digunakan sebagai media promosi pemasaran, penjualan, dan layanan produk dan jasa dari Telkomsel untuk para pelanggannya. Selain itu, penelitian yang menerapkan aplikasi GIS (Geographic Information System) juga dikembangkan oleh Yofiko Firman.

GIS merupakan sistem informasi khusus yang mengelola data yang memiliki informasi spasial (berhubungan dengan ruang. Wikipedia mendeskripsikan GIS sebagai  aplikasi berbasis komputer yang memiliki kemampuan untuk membangun, menyimpan, mengelola dan menampilkan informasi berefrensi geografis, misalnya data yang diidentifikasi menurut lokasinya, dalam sebuah database (https://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_informasi_geografis). Aplikasi ini merupakan aplikasi GIS yang dapat membantu Dinas Kehutanan Jambi mengetahui informasi area kebakaran hutan dan lahan yang berada di kabupaten Jambi. Tujuan dari pengembangan aplikasi GIS ini adalah mengilustrasikan informasi prediksi wilayah-wilayah hutan di Jambi yang rawan akan kebakaran serta bagaimana strategi penanggulangannya. 







BERITA TERKAIT :



0 Komentar :






  Terkini  
  Terpopuler  
  Komentar