WOW... Tunjangan DPRD Sarolangun Bakal Naik

Senin, 07 Agustus 2017 | 11:18:55 WIB | Dibaca: 446 Kali


SAROLANGUN - Wakil Bupati Sarolangun, Hilallatil Badri, memastikan kenaikan tunjangan unsur pimpinan dan anggota DPRD Sarolangun akan naik pada tahun 2017. ‘’Hanya saja untuk jumlahnya belum bisa kita pastikan. Kemungkinan pada golongan sedang. Yang pastikan tidak mungkin lebih tinggi dari Provinsi," katanya.

Untuk waktunya sendiri, Wabup memperkirakan, kenaikan tunjangan tersebut akan direalisasikan pada APBD Perubahan mendatang. Dan saat ini sedang dalam pembahasan berapa jumlahnya. "Untuk angka besarannya masih dalam pembahasan. Saya tidak mau berandai- andai untuk jumlah. Tergantung PAD kita lah berapa sanggupnya nanti," akunya.

Sementara itu, saat ditanya terkait tunjangan transportasi yang besar dan peraturan yang mengatakan, hanya unsur pimpinan yang diperbolehkan menggunakan mobil dinas. Wabup mengatakan, bahwa nantinya ketika sudah terealisasi, semua kendaraan dinas yang dipakai anggota DPRD akan ditarik oleh Pemda Sarolangun.

"Nanti kalau sudah ada kenaikan tunjangannya akan kita ambil semua kendaraan dinas anggota DPRD Sarolangun. Kalau yang masih layak akan kita pergunakan, sementara yang sudah tidak layak lagi akan kita lelang supaya tidak menjadi beban," ungkapnya.

Sementara Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sarolangun, H Hapis Hasbiallah, belum dapat memastikan berapa besar kenaikan tunjangan tersebut, namun pihaknya memastikan tidak semua komponen akan mengalami kenaikan. “Pada prinsipnya bukan kenaikan gaji, namun ada tunjangan transportasi dan tunjangan lainnya yang besarannya ada rumus tersendiri sesuai dengan kemampuan daerah,” kata Hapis.

Terpisah, anggota DPRD Sarolangun yang namanya tidak ingin dipublikasikan mengatakan, secara hitungan- hitungannya, besaran pendapatan dewan selama satu bulan bisa mencapai hingga empat puluh juta lebih. ”Untuk hitung-hitungan sementara bisa saja totalnya empat puluhan juta per bulan, namun untuk pastinya tunggu perdanya disahkan dan ada turunan dari perda tersebut, kalau sebelumnya hanya tujuh belasan juta,” katanya.

Sementara dari pantauan awak media dilapangan, walaupun Perda Inisiatif DPRD Sarolangun Tentang Hak Keuangan Dan Administratif Pimpinan fan Anggota DPRD Sarolangun belum disahkan, brosur penawaran mobil baru dari beberapa perusahaan sudah bersebaran dikawasan parkir mobil DPRD Sarolangun.

 (hnd)