Zola Akan Interpnesi Kada , Terkait Permintaan DPR RI Pemda Harus Aktif

Senin, 07 Agustus 2017 | 11:43:42 WIB | Dibaca: 929 Kali


JAMBI - Gubernur Jambi Zumi Zola akan menginterpensi semua kepala daerah yang ada di Jambi agar lebih aktif mengajukan program ke Pemerintah Pusat.

”Saya akan meminta Sekda interpensi kepala daerah untuk mencari apa yang menjadi hak masyarakat,” tegasnya. Ini dianggap Zola sangat perlu melihat keterbatasan anggaran di semua kabupaten/kota di Provinsi Jambi.

Tak hanya itu, Pemerintah Pusat juga meminta komitmen kepada pemda untuk membuat peraturan daerah agar angkutan yang melintas di jalan nasional harus sesuai tonase. “Pemerintah Pusat tidak akan mau membangun apabila tidak didukung dengan aturan daerah yang mengatur kapsitas jalan dan aturan penggunaan jalan,” tegasnya.

Ia mencontohkan, jalan berkapasitas 8 ton dilewati dengan kendaraan lebih, maka, ini akan merusak jalan.

Sebagai solusinya adalah jembatan timbang diaktifkan kembali. Dengan kewenangan Kementerian. Maka, ini akan berdampak lebih baik. Denda yang diterapkan terhadap sopir selama ini tidak menjadi solusi, maka, harus ada tindakan lain yang blebih tegas.

“Kami menyampaikan apa yang menjadi keluh kesah pemda,” katanya.

Anggota Komisi V DPR RI Saniatul Lativa meminta Pemprov Jambi lebih aktif mengajukan program ke Pemerintah Pusat.

Dari program yang ditawakarkan Kominis V DPR RI pada pertemuan dengan Pemprov Jambi, ada banyak program yang dapat dibawa ke Jambi dengan catatan pemerintah daerah lebih aktif atau mau menjemput bola.

“Setiap rapat di pusat, kita selalu berupaya ada program yang dapat dibawa ke Jambi,” akunya.

2015-2016, ada pembangunan untuk Jambi jalan ditempat. Padahal pembangunan yang dibutuhkan selalu bertambah. Unutk itu, dirinya mengaharapkan agar pemerintah daerah lebih aktif.

“Dalam kunjungan reses, kita sampaikan program jembatan gantung, pembangunan irigasi dan jalan nasional,” pungkasnya.

(nur)