Gunung Kerinci Milik Jambi , Warga Jangan Terprovokasi

Selasa, 15 Agustus 2017 | 11:36:01 WIB | Dibaca: 4669 Kali

DOKUMEN / JE
GUNUNG KERINCI: Suasan pagi di Gunung Kerinci diambil dari kawasan perkebunan teh Kayu Aro beberapa waktu lalu. Gunung Kerinci masih salah satu wisata andalan Provinsi Jambi

KERINCI - Peta Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) yang di dalamnya memasukkan kawasan Gunung Kerinci dan Gunung Tujuh ke dalam wilayah Sumbar, dalam beberapa hari terakhir viral di Media Sosial (Medsos).

Imbasnya, muncul kegelisahan dari para netizen Provinsi Jambi yang menyebut ada upaya dari Sumbar mencaplok wilayah tersebut yang notabenenya brand dari Provinsi Jambi. Hanya saja, sejauh ini belum diketahui tahun berapa peta tersebut dibuat dan untuk kepentingan apa

Penilaian ini tentu cukup masuk akal. Pasalnya, sebelumnya sudah ada upaya untuk membuka jalur pendakian Gunung Kerinci via Solok Selatan, Sumbar. Padahal, sudah ada jalur utama pendakian via Kersik Tuo, Kerinci.

 Graphic Gunung Kerinci

Sampai saat ini, Kerinci masih menjadi brand wisata Provinsi Jambi, salah satunya itu karena ada Gunung Kerinci

Zumi Zola - Gubernur Jambi

 

Bupati Kerinci, Adirozal, menanggapi isu tersebut mengatakan, Pemerintah Kabupaten Kerinci tidak perlu menanggapi serius terkait isu yang beredar klaim dari Sumatra Barat, Gunung Kerinci dan Gunung Tujuh termasuk wilayah mereka. ‘‘Tidak usah resah, tidak semudah itu memindahkan. Peta wilayah dibuat Kementrian Dalam Negri, hingga sejauh ini belum ada laporan dari pusat itu akan pindah. Namanya aja sekarang masih Gunung Kerinci, bukan Gunung Solok,’‘ ujarnya.