Pilkades Tiga Kecamatan Rawan, Kapolda: Kapolres Jangan Takut Kerahkan Kekuatan  

Jumat, 15 September 2017 | 11:18:45 WIB | Dibaca: 482 Kali


 

JAMBI – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak di Kabupaten Merangin, Kerinci dan Muarojambi yang akan digelar Oktober dan November 2017, dinilai rawan.

Hal ini disampaikan Kapolda Jambi, Brigjen Pol Priyo Widyanto, saat dikonfirmasi di Mapolda Jambi, kemarin (14/9). Menurutnya, pihaknya sudah mulai memetakan situasi dan kondisinya mulai saat ini.

“Kita cek persiapannya sekarang untuk pengamanan,” ujar Brigjen Pol Priyo Widyanto.

Dalam pemetaan ini, Kapolda kemarin siang mengumpulkan para Kapolres yang di daerahnya akan menggelar Pilkades serentak, serta pejabat terkait lainnya.

Tujuannya adalah untuk melihat sejauh mana persiapan dari masing-masing Polres terkait pelaksanaan Pilkades serentak tersebut.

            “Jika Polres butuh bantuan pengamanan, kita akan kirim personel BKO sesuai kebutuhan,” jelasnya.

Namun untuk personel BKO tersebut, Priyo mengatakan baru akan dikirimkan setelah ada permintaan dari Polres. Jumlahnya pun akan menyesuaikan dengan permintaan dari Polres.

            “Terkait BKO ini, kita juga mengharapkan Bupati setempat mendukung anggarannya. Berapa jumlahnya, itu gergantung Polres yang minta,” ujarnya.

            Menurutnya, rawannya Pilkades ini disebabkan semua calon mempunyai ikatan emosional yang dekat dengan pemilih. “Saya minta Kapolres jangan takut mengerahkan kekuatan meski anggaran tidak ada,” tandasnya.

(pds)