Bangunan Pustu Nyaris Amblas

Kamis, 28 September 2017 | 10:43:35 WIB | Dibaca: 508 Kali

GATOT S/JAMBIEKSPRES
NYARIS AMBRUK: Imbas rendahnya kualitas bangunan Pustu di Parit Enam, Desa Jati Mas, Kecamatan Bram Itam, Tanjabbar, kondisinya nyaris ambruk.

 

KUALATUNGKAL - Diduga tidak bagusnya kualitas dari Bangunan Pukesmas Pembantu (Pustu) yang teletak di Parit Enam, Desa Jati Mas, Kecamatan Bram Itam, Kabupaten Tanjabbar, kondisinya nyaris ambruk.

 

Pembangunan Pustu yang pengerjaannya melalui dana APBD tahun 2008, kini kondisinya sangat memprihatikankan, pasalnya bangunan Pukesmas Pembantu yang masih aktif difungsikan oleh petugas kesehatan untuk melayani masyarakat.

 

Bahkan dari kerusakan bangunan tersebut, hampir semua tiang hancur, akibatnya bangunan yang bagian diatasnya mulai menampakkan keretakan secara bertahap, sehingga bangunan tersebut tidak dapat difungsikan kembali.

 

Salah satu petugas Pustu mengatakan, untuk rusaknya bangunan ini pihaknya sementara ini menggunakaan tempat Posyandu yang ada, sebab untuk pelayanan kesehatan didaerah sini (desa Jati mas) sangat membutuhkan. "Sementara ini, kami tidak berani memfungsikan tempat ini karna kondisinya sangat memprihatinkan, karna mulai menampakkan keruntuhan," kata petugas itu.

 

Sedangkan Kades Jati Mas, Mokholid,  mengaku untungnya tidak ada korban. Dengan tiba-tiba ambruknya Pustu itu, pihaknya merasa terkejut, sebab tidak ada angin atau hujan, tiba-tiba, ambruk," ujarnya saat bertemu awak media di RSU Daud Arif Kualatungkal .

 

Melihat kondisi bangunan Pustu, akunya,  Pustu segera dilakukan pembangunan kembali. ‘’Banyak juga banggunan yang lain dibangun, tapi belum pernah seperti bangunan Pustu itu. Ini kejadian pertama kali ada bangunan yang dibangun bisa amblas seperti ini,’’ tandasnya.

(sun)