Hasil Pengerjaan Kurang, DD Dipangkas

Senin, 23 Oktober 2017 | 10:25:30 WIB | Dibaca: 225 Kali


SUNGAIPENUH - Pencairan Dana Desa (DD) tahap Pertama, untuk semua Desa dalam Kota Sungai Penuh sudah rampung dilaksanakan. Bahkan, saat ini sejumlah Desa dalam usaha penyelesaian penyelenggaraan program pembangunan dan pemberdayaan dengan memanfaatkan Dana Desa.

‘’Untuk tahap pertama, Dana Desa dicairkan sebanyak 60 persen dari semua Dana Desa yang jumlahnya berpariasi. Sejauh ini, semua Desa dalam Kota Sungai Penuh sudah mencairkan Dana Desa tahap pertamanya,’’ sebut Kepala BPKAD Sungai Penuh, M Rasyid,.

Dalam aturannya sendiri, akunya, pemerintah Desa tidak bisa begitu saja melakukan pencairan Dana Desa, syarat utamanya paling tidak dari tahap pertama ada 75 persen dana terserap dengan output dari pelaksanaan kegiatan atau realisasinya minimal 50 persen. "Pencairan Dana Desa tahun ini, tidak seperti tahun 2016 lalu, pencairannya seperti halnya pencairan dana DAK. Berapapun hasil dilapangan, itu yang dibayar, jika kurang dipangkas," tuturnya.

dikatakannya, saat ini pelaksanaan program baik fisik maupun pemberdayaan terus dilaksanakan, bahkan sejumlah Desa dalam kota Sungai Penuh sudah menyelesaikan program pembangunan fisik dan pemberdayaannya dengan menggunakan dana desa. "Kita masih menunggu laporan dari semua desa, untuk pencairan dana desa tahap kedua," ungkapnya.

Meski demikian, lanjutnya, pelaporan yang dilaksanakan Pemerintah desa terkait realisasi dana desa nantinya bukan menjadi patokan. Pasalnya, ‘’Pihak Pemkot Sungai Penuh melalui instansi terkait tetap akan memeriksa kondisi riil dilapangan, apakah sesuai atau tidak dengan laporan dari para kades,’’ tandasnya.

(adi)