Peserta Datang dari Daerah Hingga Mancanegara, Maraton Tanah Pilih 10K dan Color Run

Senin, 23 Oktober 2017 | 10:37:00 WIB | Dibaca: 517 Kali


JAMBI - Event olahraga atletik terbesar di Jambi, Maraton Tanah Pilih 10 K dan Color Run yang digelar oleh Pemerintah Kota Jambi, berlangsung sukses. Kegiatan yang berlangsung apik dan sangat menarik tersebut, berhasil menjadi magnet bagi insan pecinta olahraga, khususnya cabang atletik.

Sambutan masyarakatpun terbilang sangat luar biasa. Gelaran tersebut, tidak hanya menyedot animo peserta yang berasal dari daerah dalam Provinsi Jambi, namun juga turut menyedot antusiasme peserta dari berbagai wilayah di Indonesia, bahkan mancanegara.

Minggu pagi (22/10), Wali Kota Jambi DR. H. Syarif Fasha, ME melepas peserta lari maraton 10K Tanah Pilih Kota Jambi, yang berlangsung di Taman Pedesterian Jomblo. Walaupun dalam kondisi hujan rintik, tidak menyurutkan sedikitpun semangat dan antusias peserta yang sedari pagi telah bersiap diri mengikuti event akbar terbesar di Jambi itu.

Tercatat, hampir 15.000 peserta yang memadati taman kebanggaan masyarakat Kota Jambi tersebut. Angka yang cukup fantastis untuk sebuah pergelaran olahraga. Angka fantastis tersebut terdiri dari 2.000 orang peserta lari 10K dan 13.000 peserta color run. Kemeriahan acara makin terasa luar biasa, karena Kota Jambi  kedatangan tamu istimewa, yaitu Wali Kota Bogor DR. Bima Arya Sugiarto, yang juga merupakan pecinta olahraga lari.

Bima Arya pun tampak bersemangat berbaur bersama peserta lari 10 K lainnya untuk menjajal trek Tanah Pilih Kota Jambi. Tidak mau ketinggan, Wali Kota Fasha pada kesempatan tersebut tidak hanya melepas secara resmi bendera start peserta lari 10 K. Dirinya pun turut menjajal bersama Wali Kota Bogor trek 10 kilometer mengelilingi Kota Jambi.

Selang beberapa saat, peserta Color Run pun dilepas oleh Plt. Sekda Kota Jambi H. Obliyani. Dengan antusiasnya dan penuh keceriaan, peserta color run akan menjajal lintasan yang berjarak 3 kilometer.

Maraton Tanah Pilih 10 K dan Color Run Kota Jambi Tahun 2017 yang dilaksanakan atas inisiasi Wali Kota Jambi DR. H. Syarif Fasha, ME, bersama KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia) dan PASI (Persatuan Atletik Seluruh Indonesia) Kota Jambi tersebut, dilaksanakan selain dalam rangka memperingati momentum Hari Sumpah Pemuda ke-89 tahun 2017, juga bertujuan untuk menggalakkan kembali olahraga prestasi atletik di Jambi.

Bersamaan dengan Maraton 10K, Pemkot Jambi juga menggelar Color Run. Olaraga lari sambil bersenang-senang dengan hiasan tepung warna-warni yang sedang booming dan saat ini memang sangat disukai oleh generasi muda kekinian.

Seluruh peserta pun tampak menikmati olahraga yang dikemas dengan konsep atraktif tersebut. Tampak kostum yang digunakan peserta, menjadi penuh warna-warni. Raut wajah puas dan bahagiapun tampak terpancar dari wajah seluruh peserta. Seusai mencapai garis finish, para peserta color run yang didominasi oleh remaja dan orang dewasa tersebut, juga dimanjakan dengan berbagai hiburan musik DJ dan penampilan musik band.

Lomba lari Maraton 10 K tahun ini diikuti oleh peserta dari berbagai daerah di luar Provinsi Jambi, seperti Kota Palembang, Sumatera Barat, Kota Medan, NTT, NTB, Kalimantan Timur, daerah di Pulau Jawa, bahkan peserta mancanegara yang berasal dari Kenya Afrika.

Tampil sebagai juara lari 10 K Kategori Umum Putra, Juara 1 Ridwan dari NTT (32,44.03 menit), Juara 2 Hamdan dari Sumbar (32,45.68), Juara 3 Udin Akbar (32,45.85). Kategori Umum Putri, Juara 1 Bayu Trianata (39,21.74) dari Sumbar, Juara 2 Ferlin (41,27.95) dari Kaltim, Juara 3 Fitri A (45,41.74) dari Sumbar. Untuk Kategori Pelajar Putra, Juara 1 M. Fazil (42,54.74) dari SMKN 2 Kota Jambi, Juara 2 Jafar (44,53.16) dari SMA N 10 Kota Jambi, Juara 3 Bima Juananda (45,30.32) dari SMKN 1 Kota Jambi. Kategori Pelajar Putri, Juara 1 Rensi (48,09.09) dari MAN 3 Kota Jambi, Juara 2 Febriyanti (52,59.00) dari SMA N 10 Kota Jambi dan Juara 3 Juwita (53,04.00) dari MTs Sijenjang.

Untuk memeriahkan kegiatan tersebut, panitia juga telah menyiapkan berbagai hadiah dengan total senilai ratusan juta rupiah, yaitu berupa puluhan juta rupiah uang pembinaan dan medali untuk pemenang lari maraton 10 K, serta berbagai hadiah menarik seperti sepeda motor, sepeda, TV, kulkas, mesin cuci serta hadiah doorprize menarik lainnya untuk event The Color Run.

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto dalam sambutannya pada kegiatan tersebut mengungkapkan kekaguman dirinya akan semangat dan kehebohan masyarakat Jambi.

"Saya sudah berpuluh kali menghadiri berbagai kegiatan perlombaan lari sejenis seperti ini, baru kali ini saya lihat antusias dan semangat yang luar biasa dari para peserta. Walaupun dalam kondisi sedikit hujan, masih tetap semangat berlari, berolahraga. Masyarakat Kota Jambi memang luar biasa." ujarnya.

Disaat yang sama Wali Kota Jambi H. Syarif Fasha pun mengungkapkan apresiasinya atas terselenggaranya event akbar terbesar di Provinsi Jambi tersebut.

"Kegiatan ini telah lama kami agendakan, alhamdulillah hari ini dapat terlaksana berkat partisipasi, dukungan berbagai pihak dan sponsor. Saya juga sangat mengapresiasi semangat masyarakat yang tetap semangat untuk mengikuti kegiatan ini walaupun basah akibat hujan. Semoga kegiatan ini dapat menghibur dan mempersatukan masyarakat, juga bermanfaat untuk kesehatan masyarakat. Insyasllah setiap tahun akan kami jadikan agenda kegiatan rutin Pemkot Jambi. Tahun depan InsyaAllah akan kita targetkan untuk pecahkan rekor MURI peserta terbanyak." ujar Fasha.

Fasha juga mengutarakan komitmennya sebagai seorang kepala daerah untuk terus memfasilitasi berbagai kegiatan positif di masyarakat termasuk kegiatan olahraga dan seni.

"Kami akan terus mengadakan berbagai kegiatan, baik seni, budaya, maupun olahraga. Kami laksanakam untuk seluruh masyarakat Jambi. Kita ingin seluruh masyarakat hidup dalam kondisi sehat, gemar dan mencintai olahraga sebagai bagian dari life style (gaya hidup-red). Dengan tubuh yang sehat tentu akan memiliki jiwa yang sehat, optimisme dan semangat membangun dan berkarya," ujar Wali Kota Fasha.

(hms)