Smartfren: Solusi Pintar Gaya Hidup di Era 4G LTE

Kamis, 16 November 2017 | 11:32:40 WIB | Dibaca: 716 Kali

Smartfren: Solusi Pintar Gaya Hidup di Era 4G LTE

Memiliki smartphone di era yang serba digital ini bukan lagi hal yang aneh. Hampir setiap orang membutuhkan internet untuk berkomunikasi melalui email, media sosial atau aplikasi messenger. Apalagi jika pemilik smartphone merupakan para pekerja online yang setiap hari harus selalu terhubung dengan internet.

Kapan pun dan di mana pun, terhubung dengan jaringan komputer tersebut merupakan sebuah keharusan. Bukan hanya terhubung, para pekerja online tersebut juga harus memiliki koneksi yang kuat agar pekerjaan mereka lebih mudah. Terutama pekerjaan yang berhubungan dengan desain grafis.

Mengunggah gambar atau video dengan satu kali klik bukan hanya sebuah kewajiban tetapi juga tuntutan pekerjaan. Hal inilah yang membuat banyak orang ingin terhubung dengan jaringan internet yang mumpuni. Melihat tingginya kebutuhan masyarakat tentang hal ini, banyak sekali penyedia layanan ponsel yang tertarik untuk meng-upgrade jaringan mereka dari 3G menjadi 4G LTE.

Bagi sebagian orang yang tinggal di perkotaan, pasti paham dengan anomali jaringan 3G. Kecepatan jaringan ini sangat dipengaruhi oleh kepadatan penduduk dan jauh tidaknya posisi pengguna dari menara provider seluler. Inilah salah satu alasan kenapa keberadaan jaringan 4G LTE sangat dibutuhkan.

Salah satu operator yang memanfaatkan jaringan ini adalah Smartfren. Meskipun dulu provider ini bergerak di jaringan CDMA, tetapi sejak tahun 2014 Smartfren termasuk salah satu yang paling aktif dalam perluasan jaringan 4G LTE mereka. Dengan inovasi Smartfren 4G LTE Advanced, provider ini memiliki kapasitas bandwith lebih besar daripada para pesaingnya.

Hal tersebut membuat kecepatan transfer data pengguna Smartfren lebih cepat dibanding pelanggan operator lain. Bayangkan saja, untuk kecepatan unggah data 4G LTE provider tersebut bisa mencapai 75MBps. Sedangkan kecepatan unduhnya sekitar 299MBps. Tidak heran jika Smartfren dianggap sebagai salah satu operator mumpuni di jaringan 4G LTE.

4G LTE Advanced merupakan teknologi yang menggabungkan TDD (time division duplex) dan FDD (frequency division duplex) dalam satu perangkat dan jaringan yang disebut carrier aggregation. Teknologi yang diadopsi Smartfren ini memungkinkan provider berjalan di dua frekuensi, yaitu 850MHz dan 2.300MHz

Frekuensi 2.300MHz bisa menyediakan kecepatan stabil dan tinggi, tetapi cakupan areanya terbatas. Untuk frekuensi 850MHz meskipun kecepatannya lemah, tetapi cakupan areanya termasuk luas. Karena semakin rendah frekuensi, penetrasi wilayahnya malah akan semakin tinggi.

Gabungan dari dua frekuensi ini pada sebuah perangkat mampu mengisi kekurangan masing-masing. Akibatnya, jaringan internet 4G LTE Advanced cenderung lebih cepat, stabil, dan memiliki cakupan wilayah yang lebih luas dari jaringan 4G LTE biasa yang dipakai kebanyakan operator.

Terobosan ini tentu saja membuat nilai jual Smartfren lebih tinggi dibanding pesaingnya. Apalagi keuntungan menggunakan jaringan 4G LTE Advance tidak hanya dirasakan para pelaku bisnis dan pekerja online. Bagi orang biasa, kecepatan jaringan ini juga dapat memuaskan pengalaman mereka saat berselancar di internet, melihat video secara streaming, atau bermain game online.

Menarik bukan? Jika masih ragu dengan kemampuan Smartfren, di bawah ini merupakan beberapa keuntungan menggunakan kartu Smartfren 4G LTE.

  1. Bisa digunakan di semua smartphone 4G LTE

Bisa digunakan di semua smartphone 4G LTE - img20.jd.co.id

Pengguna provider ini tidak perlu repot membeli smartphone khusus yang sudah di-bundling dengan kartu GSM Smartfren 4G LTE untuk bisa merasakan kecepatan jaringannya. Pengguna bisa menggunakan semua merek smartphone termasuk Apple selama ponsel tersebut mendukung kartu 4G LTE.

  1. Mudah mengisi pulsa di mana dan kapan saja

Mudah mengisi pulsa di mana dan kapan saja - i1.wp.com

Untuk mengisi pulsa Smartfren biasa maupun data, pengguna tidak perlu capek-capek pergi ke Galeri Smartfren atau mengunjungi counter pembelian pulsa terdekat. Kartu GSM ini mendukung berbagai sistem pengisian pulsa mulai dari ATM, internet banking, melalui gerai-gerai Indomaret atau Alfamart, hingga pembelian pulsa lewat situs traveling seperti Traveloka.

Dan untuk cara cek pulsa smartfren yang praktis di Traveloka, , pengguna hanya perlu mengakses situs atau aplikasi traveling tersebut melalui gawai. Setelah itu masukkan nomor tujuan dan pilih jenis pulsa yang diinginkan, pulsa biasa atau paket internet. Kemudian pengguna tinggal memasukkan nominal atau jenis paket yang ingin dibeli. Praktis bukan?

  1. Gratis Bonus Kuota Internet

Gratis Bonus Kuota Internet - smartfren.com

Setiap pembelian kartu GSM 4G LTE Smartfren, pengguna secara otomatis akan mendapatkan bonus kuota internet tanpa syarat tertentu. Kartu GSM 4G+ misalnya, begitu aktivasi Anda langsung mendapat bonus kuota 3GB, bonus isi ulang pertama 10GB, dan bonus internet selama setahun sebanyak 2GB setiap bulan. Serunya, semua bonus ini bisa dinikmati selama 24 jam.

  1. Bisa dipakai di luar Jawa

Bisa dipakai di luar Jawa - google.co.id

Dukungan teknologi 4G LTE Advanced dan keberadaan menara Smartfren di setiap pelosok Indonesia membuat kartu GSM 4G LTE Smartfren bisa digunakan di hampir semua daerah termasuk luar Pulau Jawa. Di Riau misalnya, pada akhir bulan November tahun lalu, provider ini baru saja membangun 69 menara Smartfren di Pekanbaru.

Keberadaan menara-menara tersebut tentu saja dapat meningkatkan jangkauan wilayah jaringan 4G dari Smartfren. Ditambah dukungan jaringan EVDO sekelas 3G, ke mana pun Anda bepergian, kekhawatiran tidak bisa terhubung dengan internet dapat dibuang jauh-jauh.         

Membaca ulasan di atas tentu bisa membuat kita semakin yakin, mengapa menggunakan Smartfren bisa menjadi solusi tepat bagi gaya hidup zaman sekarang