Nalim-Khafied Masih Goyang, Nama Mashuri Kembali Mencuat

Jumat, 15 Desember 2017 | 14:03:38 WIB | Dibaca: 438 Kali


JAMBI - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Amanat Nasional (PAN) telah memastikan jagoannya untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kerinci. Partai yang dinahkodai Zulkifli Hasan (Zulhas) akan mengusung pasangan Adirozal-Ami Taher, sebagai Calon Bupati dan Wakil Bupati Kerinci periode 2018-2023.

Namun berbeda dengan Merangin dan Kota Jambi yang juga dibahas dalam pleno, Rabu (13/12) malam kemarin. Tampaknya dukungan untuk kedua daerah ini masih alot terjadi diinternal partai berlambang matahari biru tersebut.

       Bahkan untuk Kota Jambi sempat terjadi silang pendapat karena tim Pilkada DPP PAN merekomendasikan nama Fasha-Maulana. Sedangkan DPW PAN Provinsi Jambi mendorong nama Abdullah Sani-Kemas Alfarizy Arsyad.

       Tidak jauh berbeda dengan Merangin yang mengusulkan pasangan Nalim-Khafied Moin. Duet ini dikabarkan masih goyang karena beberapa kader ditingkat pusat menghendaki Nalim berpasangan dengan Mashuri yang sebelumnya digadang-gadang akan digandeng Al Haris.

       Sekretaris DPW PAN Provinsi Jambi, Khusaini membantah adanya ketidaksepahaman partai untuk mengusulkan nama kandidat. Tertundanya pembahasan untuk Merangin dan Kota Jambi kerena semua itu merupakan bagaian dari mekanisema partai.

       “Pembahasannya bukan hanya Jambi, tapi untuk semua daerah yang menggelar Pilkada,” ujarnya, Kamis (14/12) kemarin.

       Khusaini menyebutkan, pembahasan untuk dua daerah akan selesai dalam waktu dekat ini. Apalagi untuk pendaftaran calon di Komisi Pemilihan Umum (KPU) tinggal menghitung hari. “Kita tunggu saja. Nanti kalau sudah selesai tentu akan kita sampaikan,” sebutnya.

       Lalu siapa yang diusulkan DPW? Khusaini mengatakan untuk Kota Jambi partainya mengusulkan nama Abdullah Sani-Kemas Alfarizy Arsyad. Sedangkan Merangin yakni duet Nalim-Khafied Moin.

       “Kalau Kota Jambi Abdullah Sani-Kemas Alfarizy Arsyad dan Merangin Nalim-Khafied Moin,” bebernya.

       Terkait munculnya nama Mashuri, politisi senior PAN ini menjelaskan semua itu merupakan bagian dari dinamika politik. Menurutnya, berbagai wacana boleh saja dan dibangun menyingkapi kontelasi politik. “Kalau ada wacana itu sah-sah saja. Tapi tentu yang menjadi acaun ada structural partai,” sebutnya.

       Bagaimana dengan Kerinci? Khusaini mengaku untuk Pilkada Kerinci partainya sudah memutuskan dukugan kepada pasangan Adirozal dan Ami Taher. “Kalau Kerinci sudah, kita dukung Adirozal dan Ami Taher,” ungkapnya.

       Sementara itu, Mahili Wasekjen DPP PAN mengatakan untuk Kota Jambi dan Merangin belum masuk dalam pembahasan. Karena dari sejumlah daerah, untuk Jambi baru Kerinci.

       “Pembahasannya belum. Kemarin hanya Kerinci yang selesai. Pilkada itukan bukan hanya di Jambi saja,” sebutnya.

       Soal masuknya nama Mashuri yang kabarnya akan dipasangan dengan Nalim, Mahili enggan member tanggapan.. Menurutnya, tidak ada wacana seperti itu yang masuk dalam pembahasan DPP. “Tidak ada itu, sebaiknya langsung ke yang bersangkutan,” pungkasnya. (aiz)