Inovasi Desa Sasar Program Pariwisata

Selasa, 26 Desember 2017 | 11:17:04 WIB | Dibaca: 124 Kali


SAROLANGUN – Pemkab Sarolangun melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), kemarin menggelar kegiatan Program Inovasi Desa yang dilaksanakan di Gedung Olah Raga (GOR) Sport Center Sarolangun.

"Kegiatan Inovasi desa ini paling banyak soal pilihan, sarolangun banyak memiliki objek wisata yang belum tersentuh oleh jalan, saya minta coba inovasi desa melalui Pariwisata Desa, di Kecamatan Air Hitam ada, Cerminan Gedang banyak apalagi Kecamatan Batang Asai. Di sektor ekonomi juga banyak sekali," kata Bupati Sarolangun Cek Endra.

Dikatakan Bupati, dana desa harus disiapkan sebaik mungkin mulai dari perencanaan sampai laporan pertanggung jawabannya, dan tentunya diperlukan inovasi desa yang berkualitas, setiap desa berbeda kepentingan inovasi desanya.

Sementara Kadis PMD Sarolangun, Ahmad Zaidan.  yang juga Koordinator TPID mengatakan, kegiatan bursa inovasi desa ini untuk menampilkan ide - ide baru dalam pembangunan desa, yang bisa diterapkan oleh kepala desa nantinya untuk kemajuan desa. "Peserta sebanyak450 orang yang terdiri dari Camat, Kades, Pendamping desa serta masyarakat," katanya.

Selain itu Kadis PPA Dan Pengendalian Penduduk, Provinsi Jambi Dra. Luthfiah juga mengatakan, Desa Inovatif membutuhkan dukungan berbagai pihak baik pemerintah maupun pihak swasta, yang akan memberikan produk baru untuk kesejahteraan masyarakat.

"Tujuan inovasi desa ini, untuk program pengelolaan pengetahuan inovasi, memperkenalkan inovasi yang berkembang didesa, dengan melalui kegiatan ini diharapkan muncul ide - ide kreatif untuk membangun desa," pungkasnya.

(hnd)