Asa Menggantung di Pantai Timur

Selasa, 09 Januari 2018 | 12:04:59 WIB | Dibaca: 406 Kali

Pelabuhan Ujung Jabung Kab. Tanjung Jabung Timur

PEMBANGUNAN pelabuhan cukup penting bagi Jambi. Dua pelabuhan, yakni  Ujung Jabung sudah on process dan Pelabuhan Muara Sabak masih dalam persiapan. Dua-duanya berlokasi di kawasan Pantai Timur Jambi. Kelak, pelabuhan ini diharapkan bakal menjadi salah satu penggerak perekonomian Jambi

POSISI Pantai Timur Jambi begitu strategis. Dulu, digunakan oleh para pedagang dari berbagai belahan dunia sebagai pintu masuk ke Provinsi Jambi. Pun hingga kini, terhubung langsung ke Laut China Selatan, memungkinkan kawasan ini menjadi lalu lintas antar negara.

Untuk tahun ini, anggaran untuk pembangunan pelabuhan Ujung Jabung akan kembali dianggarkan oleh Pemerintah Pusat dan akan segera dilanjutkan, mengingat kawasan ini sudah masuk dalam kawasa ekonomi khusus. Semua pembangunannya ditangani oleh pemerintah pusat.

Sementara itu, Pemprov Jambi sendiri saat ini fokus ke pembangunan pelabuhan Muara Sabak. Ini ditegaskan oleh Kabid Ekonomi sekaligus Plt Sekretaris Bapeda Provinsi Jambi,Katamso beberapa hari lalu.

Menurutnya, seiring dengan berjalanya waktu pembangunanya akan segera dilakukan.

“Gubernur sudah mengarahkan untuk mensuport akses menuju pelabuhan,” kantanya.

Katamso menambahkan, sesuai dengan perencanaan, Jambi akan memiliki 3 pelabuhan. Dan nantinya semua akan difungsikan sesui dengan fungsinya.