Disbunnakkan Tebo Siapkan 80 Ribu Benih Ikan

Kamis, 18 Januari 2018 | 12:12:22 WIB | Dibaca: 140 Kali

BENIH IKAN: Petani sedang mengekemas benih ikan ke dalam plastik.

MUARATEBO – Dinas Perkebunan Peternakan dan Perikanan (Disbunnakkan) Kabupaten Tebo tahun 2018 ini, menyiapkan sedikitnya 80.000 benih ikan yang akan diditribusikan kepada masyarakat melalui kelompok tani. Benih ikan jenis nila dan lele ini diperkirakan mulai disalurkan kepada kelompok tani mulai semester IV mendatang.

‘’Bntaun benih ikan akan disalurkan kepada kelompok tani yang memiliki legalitas hukum yang jelas. Itu syarat mutlak, kelompok taninya harus berbadan hukum. Bantuan ini kita distribusikan kepada kelompok tani yang mengajukan proposal tahun 2017 lalu dan diakamodir tahun 2018 ini,“  ujar Kadisbunnakkan Tebo Amsiridin, Rabu (17/01) kemarin.

Selain bantuan benih, kata Amsiridin, kelompok tani nantinya juga akan mendapatkan bantuan pakan dari pemerintah. “Kita juga sudah menyiapkan pakan sebanyak 8 ton. Nantinya per 10.000 benih ikan akan dapat bantuan pakan ikan 1 ton,” sebutnya.

Untuk kolamnya dijelaskan Amsiridin, kelompok tani harus menyiapkan kolam terlebih dahulu karena tahun ini tidak ada lagi bantuan kolam terpal dari pemerintah seperti tahun sebelumnya. “Kalau dulu satu paket dengan kolam terpal, kini kelompok tani harus menyediakan kolam sendiri. Kalau nanti dirasa benar-benar siap dan layak, maka akan kita distribusikan,” jelasnya.

Amsiridin berharap, bantuan tersebut nantinya dapat berkembang dan berkelanjutan agar bantuan tersebut bisa diberikan secara bergulir ke kelompok tani lain yang belum mendapatkan bantuan benih tahun 2018 ini.

(bjg)