Tebo Genjot Pembangunan Sarana dan Prasarana

Senin, 29 Januari 2018 | 11:06:52 WIB | Dibaca: 36 Kali

MUNASDI/JAMBIEKSPRES
PEMBANGUNAN : Para pekerja tengah menyelesaikan pembangunan saja jalan rabat beton di Desa Rantau Kembang Kecamatan Rimbo Ilir.

MUARATEBO - Pemrintah Desa Rantau Kembang Kecamatan Rimbo Ilir terus berupaya membangun infrastruktur yang diperlukan warga. Tidak saja jalan rabat beton, fasilitas sekolah serta sumur bor  juga dibangun untuk mencukupi kebutuhan warga

Sekretaris Desa Rantau Kembang, Sudartiyo mengatakan, pembangunan tahap pertama pada 2017 lalu fokus pada fisik. Hasilnya jalan rabat beton, pagar Paud Cempaka Putih dan gedung Paud Insan Cendikia telah berhasil dibangun. 

Sedangkan tahap kedua, pembangunan Dranase sepanjang 400 m di RT 01. Berikutnya memdirikan sumur bor sebanyak tiga lokasi, dua titik sudah selesai dan satu masih dalam proses pengerjaan.

“Pada tahap awal, kita membangun sarana yang dibutuhkan warga seperti jalan rabat beton dan gedung PAUD. Tahap dua kita membangun draenase dan sumur bur, semeuanya merupkan kebutuhan dari warga desa Rantau kembang,” ujarnya.

Guna menuntaskan target penyerapan anggaran dana desa hingga akhir tahun, pihak pemerintah desa Rantau Kembang mengenjot pembangunan sarana. "Selain fisik, kita juga ada pembentukan karakter, peningkatan SDM serta pemberdayaan SDM, seperti Pemberdayaan Pr, Kesehatan, Pelatihan Penjahitan buat Masyarakat Miskin dan banyak lagi pelatihan lain yang kita laksanakan," bebernya.

Kemudian masyarakat, Desa Rantau Kembang sudah mendapatkan layanan dan kemudahan dalam kemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari. Soalnya, Desa Rantau Kembang sudah membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) berupa fhotokopy dan ATK lainnya.

"BUMDes kita sudah ada. Yaitu kita bentuk berupa Fhotocopy dan cetak undangan, juga alat-alat tulis lainnya, ini guna untuk memudahkan bagi masyarakat setempat," pungkasnya.

(bjg)