Upal Beredar di Pasar Sungai Penuh

Jumat, 02 Februari 2018 | 14:59:09 WIB | Dibaca: 190 Kali

GUSNADI/JAMBIEKSPRES
BEREDAR: Uang palsu pecahan 20 ribu yang ditemukan oleh seorang ASN di Pasar Sungai Penuh, kemarin (1/2).

SUNGAIPENUH – Uang palsu (upal) kembali ditemukan beredar di Provinsi Jambi. Sebelumnya di Kabupaten Tebo dan Bungo. Kali ini, Upal ditemukan di Pasar Sungai Penuh.

Upal ini ditemukan salah seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) di Sekretariat Daerah Kabupaten Kerinci.  Dia mengaku menemukan Upal saat berbelanja sayuran di pusat perbelanjaan di Kota Sungai Penuh, kemarin (1/2).

Menurut keterangannya, awalnya dirinya belanja sayuran. Dirinya pun memberikan uang pecahan Rp50 ribu kepada penjual sayur, dan diberikan uang pengembalian dengan pecahan uang Rp20 ribu.

"Awalnya saya tidak menaruh curiga karna uang itu terlipat dengan rapidan lalu pulang,” ujar ASN yang enggan disebutkan namanya itu.

Namun, setiba di kantor baru diketahui. Dia curiga dengan warna dan kertas setelah digenggam. Dia pin langsung mencoba merobek dan ternyata terdapat dua sisi bagian.

Di tengah-tengah bagian tersebut ditemukan tulisan undangan untuk majlis taklim Sungai Jernih yang menggunakan kertas HVS.

"Sisi luarnya sama seperti uang asli, hanya saja agak tebal dan warna sudah luntur," ungkapnya.

Sementara itu Kapolsek Sungai Penuh, IPTU Yudistira, dikonfirmasi mengatakan bahwa, hingga sejauh ini pihaknya belum menerima laporan adanya warga yang mendapatkan uang palsu disalah satu pusat perbelanjaan dipasar sayuran Sungai Penuh.

"Kita belum menerima laporan, mungkin sudah melapor ke Polres, namun kita akan telusuri hal itu," singkatnya.

(adi)