Zamani : 14 Parpol Memenuhi Syarat, Verifikasi Faktual di Batanghari Rampung

Jumat, 02 Februari 2018 | 15:05:31 WIB | Dibaca: 174 Kali


BATANGHARI -  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Batanghari telah selesai melakukan verifikasi terhadap 14 partai poltik (parpol). Verifikasi ini dilakukan dua hari dari tanggal 30-31 Januari kemarin.

Jumlah ini terdiri dari 12 Parpol lama dan 2 parpol baru. Dihari pertama verifikasi dilakukan terhadap 7 parpol yakni PDIP, Hanura, Demokrat, Gerindra, dan PAN. Kemudian dua partai baru, Garuda dan partai Berkarya.

Selanjutnya verifikasi dihari kedua dilakuakan terhadap PKB, Golkar, PKS, NasDem, PPP, PBB dan PKPI. "Sesuai aturan jadwal verifikasi parpol selama dua hari,” ujar Zamani, Ketua KPU Batanghari.

Menurutnya, 14 parpol yang diverifikasi di nyatakan memenuhi syarat. Ini setelah dilakukan pengecekan terhadap Ketua, Sekretaris, Bendahara dengan melihat kartu anggota dan data yang ada.

“Semua sudah rampung, 14 parpol memenuhi syarat,” sebut.

 Kemudian pengurus dan keanggotaan partai harus masuk dalam data sipol saat diverifikasi. Pengurus dan anggota partai juga wajib hadir dengan menunjukkan kartu anggota partai dan KTP sesuai dengan jumlah sample yang ditentukan.

“kita juga cek status kantor dan 30 persen keterwakilan perempuan, semuanya terpenuhi,” pungkasnya.

(rza)