Desa Bram Itam Raya Harapakan Bantuan Pemkab Tanjab Barat

Kamis, 08 Februari 2018 | 12:20:53 WIB | Dibaca: 39 Kali

GATOT S/JAMBIEKSPRES
PEDULI LINGKUNGAN: Kades Bram Itam Raya, Saripah BA, usai melakukan kegiatan Jumat bersih bersama dengan staf desa dan anak-anak sekolah. 

KUALATUNGKAL – Upaya hidup bersih dan sehat mulai dilakukan di Desa Bram Itam Raya. Desa ini memiliki program Jumat bersih. Program dibantu oleh para staf dan anak-anak sekolah.

Hanya saja, sejauh ini mereka masih mengalami kendala. Berupa peralatan dan kegiatan Jumat bersih tersebut. Salah satunya tong sampah. Makanya mereka sangat berharap bantuan dari Pemerintah Kabupaten Tanjab Barat.

Kepala Desa  Bram Itam Raya, Saripah BA, mengatakan, dalam kegiatan Jumat bersih ini dilakukan dengan membersihkan sampah-sampah yang ada di bahu jalan hingga perbatasan desa.

Bahkan,rutinitas Jumat bersih ini hampir setiap Minggu dilakukan oleh pihak desa yang tujuannya untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat, betapa ruginya jika sampah dibuang sembarangan.

"Dengan begini kan masyarakat sadar akan membuang sampah pada tempatnya,karena sampah masih banyak berserakan disebagian jalan. Maka dari itu kami membuat tim peduli akan sampah yang tergabung dengan anak sekolah MI dan perangkat desa," ujar Sarifah BA.

Diakuinya, keberadaan tong sampah di desa sebenarnya sangat dibutuhkan. Apalagi lokasi yang rawan akan buangan sampah atau limbah dari masyarakat.

Selain itu, lokasi yang padat akan keramaian seperti di Simpang Teluk Nilau, Kuala Parit Empat serta di tempat pasar yang sering menjadi tempat perdagangan.

"Kita berharap bantuan tong sampah dari Pemda dapat tersalurkan di daerah ini," ucapnya

Menurutnya, dari sampah yang sudah diambil dikumpulkan ke tempat sampah dan ada sebagian dibakar. "Marilah kita menjaga desa ini bersih dan indah, mulailah dari diri kita sendiri," ungkapnya.

(sun)